Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Jangan Keluar Relnya, KPU Dapat Hibah Rp 28 Milyar Dari Pemerintah Untuk Pilakada Serenak 2024

Minggu, 30 Juni 2024 | 10:32 WIB Last Updated 2024-06-30T03:32:57Z

  

Bupati dan Ny Saat Dicoklid Pilkada Serentak 2024

PADANGPARIAMAN ---  Ketua KPU Padangpariamanta Zainal Abidin menyatakan pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024, kalau dihitung tahapannya dari sekarang tinggal berberapa bulan lagi atau sekitar tiga bulan lagi.


 

"Kita sekarang peluncuran maskot pilkada serentak tersebut," kata Zainal Abidin degan suara paraunya, kemarin, saat menyapaikan piadato dalam peluncuran maskot KPU Padangpariaman 



Katanya, KPU Padangpariaman dapat dana hibah dari Pemkab Padangparaman Rp 28 milyar untuk pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024. Dana hibah tersebut 40 parsen telah dicairkan, sekarang tinggal lagi pencairan 40 parsen lagi dalam proses untuk biaya pelaksananaan  pilkada serentak ini.



Namun  katanya, perlu diketahui bersama sama tanggal 13 Juni 2024 adalah pelaksanaan Pemilihan SuaraUlang (PSU) DPD 2024 an itu termasuk tahapan pemilu 2024.




Sementara Ory Sativa Sakban koisoner KPU Provinsi Sumbar menyatakan  pelaksanakan Pemilihan Suara Ulang (PSU) untuk DPD RI adalah perintah Makamah Konstritusis (MK)."Karena itu hendaknya tidak hal hal yang diinginkan dalam PSU ataupun dalam pelaksanaan pilkada kepala daerah nanntinya," kata Ory .


Sementara Bupati Padangariaman Shatri Bur menyatakan agar pelaksabaaan pilkada serentak tahun 2024 dapat mencapai 80 parsen pencapaian pemilih datang ke TPS. "Kalau selama ini enam puluh parsen, tahun 2024 hendaknya bisa mencapai 80 parsen,"  ujarnya.



Katanya, perlu diketahui pelaksanaan Pilkada serentak 2024 harus berjalan sesuai dengan aturan yang ada.Bukti serius Pemkab Padangpariaman dalam pelaksanaan Pilkada 2024 adalah dengan kecuran dana hibah Rp 28 Milyar untuk KPU Padangpariaman dan Rp 13 Milyar untuk Bawaslu Padanhpariaman



"Karena itu saya minta kepada KPU agar dalam membuat laporan perangung jawaban dana hibah tesebut agar jangan sampai tejerat kasus hukum. Dana pilkada sebanyak Rp 28 milyar untuk KPU dan Rp 13 milyar untuk Bawaslu Padangpariaman telah diberikan dan itu bent Pemkab sirius dalam Pilkada srentak tersebut," umarnya.




Namun katanya, KPU dan Bawaslu Padangpariaman jangan sampai lengah atau keluar dari rel dalam mengelola dan hibah tersebut. Sebab, lengah dalam pengelolaan keugan dapat berujung pada proses hukum . "Karena itu tugas KPU berat disamping menaikan partisipasi pemilih dari 60 parsen menjadi 80 parsen juga mengatur atau mengatur dana hibah jangan sampai terjerat kasus hukum," ujanya 




Kemudian Suhatri Bur mengtakan dalam sukseskan Pilkada 2024, ia telah dicoklit dalam rangka menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah pada bulan November 2024 nanti, ia telah mengikuti pencocokan dan penelitian (Coklit) dimana Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) datang langsung ke kediamannya.





"Alhamdulillah hari ini kita sudah di Coklit sebelumnya untuk Pilpres dan Pileg kemarin jumlah DPT didalam rumah ini sebanyak empat orang, namun untuk Pilkada nanti bertambah satu orang menjadi lima orang DPT," terang Suhatri Bur



Ia juga mengatakan tentunya masyarakat semua tidak ingin kehilangan hak pilih, oleh sebab itu silahkan lakukan pencoklitan bagi yang belum dicoklit, dan bagi yang sudah dicoklit ajak sanak saudaranya agar melakukan pencoklitan.





"Sebagai warga negara Indonesia yang baik, mari kita ikuti seluruh alur dalam pilkada ini, jangan sampai ada yang terlewatkan, dan kita sukseskan pilkada tahun 2024 ini dengan datang ke TPS dan pergunakan hak pilih, dan ingat coklit ini dilaksankan dari 24 Juni sampai 25 Juli tahun 2024," ajak Suhatri Bur mengakhiri. (nn)


×
Berita Terbaru Update