Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Perlu Sinergi Lintas Sektor , Bupati Suhatri Bur Posyandu Secara Efektif Ditengah Tengah Masyarakat

Kamis, 13 Juni 2024 | 07:43 WIB Last Updated 2024-06-13T00:43:55Z



Bupati Suhatri Bur Saat Acara Posyandu

PADANGPARIAMAN ----- Bupati Padangpariaman Suhatri Bur menyatakan peran berbagai instansi pemerintah dan organisasi kemasyarakatan sangat penting dalam pelaksanaan posyandu bagi semua lampisan masyarakat di Kabupaten Padangpariaman. 



"Posyandu sebagai layanan terpadu di tingkat masyarakat membutuhkan koordinasi dan sinergi lintas sektor untuk dapat beroperasi secara efektif ditengah tengah masyarakat," kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin, usai acara koordinasi mitra dalam rangka mendukung pelaksanaan gerakan masyarakat hidup sehat.


Katanya,  peran berbagai instansi pemerintah dan organisasi kemasyarakatan sangat penting dalam menjamin ketersediaan dan kualitas layanan posyandu bagi masyarakat.

"Pentingnya kolaborasi lintas sektor dalam pelaksanaan posyandu yaitu untuk memungkinkan koordinasi terpadu antara layanan kesehatan, sosial, dan pendidikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara komprehensif," uarnya.

Dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan jelasnya, posyandu dapat menjangkau lebih banyak keluarga dan mendukung kesehatan ibu dan anak di masyarakat. 

"Kolaborasi lintas sektor memungkinkan optimalisasi penggunaan sumber daya, baik tenaga, dana, maupun fasilitas, demi mencapai tujuan posyandu secara efektif," ungkapnya.


Dia juga menambahkan pemerintah daerah memiliki peran penting dalam mendukung pelaksanaan posyandu integrasi layanan primer melalui kebijakan dan peraturan yang mendorong kolaborasi lintas sektor.


Pemerintah daerah menyediakan anggaran yang memadai untuk membiayai operasional posyandu, termasuk sarana, prasarana, dan insentif bagi kader posyandu. Pemerintah daerah memfasilitasi koordinasi lintas sektor, seperti dinas kesehatan, dinas sosial, dan instansi terkait lainnya, untuk mengintegrasikan layanan di posyandu. 


"Dalam pelaksanaan posyandu integrasi layanan primer, peran lintas sektor sangat penting untuk menjamin keberlangsungan dan efektivitas program. Kolaborasi antara pemerintah daerah, dinas kesehatan, puskesmas, kader posyandu, dan tokoh masyarakat diperlukan untuk memastikan akses layanan kesehatan yang komprehensif bagi masyarakat," ujarnya.

Untuk iu jelasnya, dalam meningkatkan pelaksanaan posyandu integrasi layanan primer, disarankan memperkuat koordinasi lintas sektor, meningkatkan kapasitas kader posyandu, memperluas keterlibatan masyarakat, dan mengalokasikan anggaran yang memadai untuk mendukung kegiatan posyandu. (pendi)
×
Berita Terbaru Update