Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Semangat Gontong Royong Terus Tumbuh, Kurban Ajarkan Umat Untuk Keikhlasan,

Selasa, 18 Juni 2024 | 07:34 WIB Last Updated 2024-06-18T00:37:26Z

 

Bupati Suhatri Bur 

PADANGPARIAMAN ---  Bupati Padangpariaman Suhatri Bur menyebutkan hari ini adalah hari yang sangat istimewa bagi semua, dimana  memperingati peristiwa besar dalam sejarah umat manusia, yaitu pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan ketaatan Nabi Ismail AS. 


"Peristiwa ini mengajarkan kita tentang arti keikhlasan, ketaatan, dan pengorbanan yang sesungguhnya kepada Allah SWT," kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin, usai  melaksanakan Sholat hari raya Idul Adha 1445 H /2024, yang digelar di Mesjid Raya Padangpariaman.

Suhatri Bur ingin mengajak jemaah untuk memaknai ibadah qurban yang kita laksanakan. Menurutnya qurban bukan hanya sekedar menyembelih hewan, tetapi juga sebagai simbol pengorbanan kita dalam menjalankan perintah Allah SWT dan bentuk kepedulian sosial kepada sesama. 

"Marilah kita jadikan momen ini sebagai kesempatan untuk berbagi kebahagiaan dengan saudara-saudara kita yang membutuhkan, sehingga semua dapat merasakan nikmatnya hari raya," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Suhatri Bur menyampaikan rasa terimakasih atas kerjasama dan dukungan dari seluruh masyarakat dalam berbagai program pembangunan yang telah dilaksanakan. 

Dia berharap semangat gotong royong dan kebersamaan ini akan terus tumbuh dan berkembang, sehingga kedepannya kita dapat untuk terus mewujudkan Padangpariaman Cerdas, Religius, Maju dan Berkelanjutan ( Padangpariaman Cermat ).

Dirinya juga menyinggung tentang pencapaian program pembangunan Padangpariaman dalam rentang lima tahun terakhir berlangsung menggembirakan 

Sebut saja misalnya kata Suhatri Bur,  upaya pemerintah Kabupaten Padangpariaman dalam menekan angka pengangguran terbuka. Meski berjalan secara berfluktuatif namun secara umum hasilnya cukup menggembirakan.  Sebelum pandemi Covid-19 tahun 2019 , tingkat angka pengangguran di Kabupaten Padangpariaman mencapai nilai 6,08 dengan jumlah pencari kerja hanya sebesar 8.522 jiwa.

Tingkat Pengangguran terbuka tersebut selanjutnya mengalami kenaikan yang sangat drastis pada masa pandemi  yaitu sebesar 8,13 (2020) dan 8,41 (2021). Namun demikian pada tahun 2022 , tingkat pengangguran terbuka mengalami penurunan yang sangat signifikan menjadi 6,6, dan berikutnya sedikit mengalami kenaikan menjadi 6,69 pada tahun 2023.
  
Bupati juga menjelaskan bahwa menjelang masa akhir pemerintahannya seluruh target yang tertuang dalam RPJMD diharapkan  akan tercapai seperti diharapkan.

Suhatri Bur  juga menjelaskan, pencapaian bidang ekonomi juga sangat menggembirakan. Terbukti,  selama 2 tahun berturut turut Padangpariaman mencatatkan angka pertumbuhan ekonomi tertinggi di Sumatera Barat yaitu 6,87% (2022) dan 5,46 % (2023), atau berada diatas rata-rata laju pertumbuhan ekonomi provinsi Sumatera Barat yang. Berkisar sebesar 5,04% (2023). 

Menurutnya, sebagai penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi Padangpariaman adalah sektor Pertanian, Perikanan, demikian pula sektor peternakan yang menyumbang sebesar 20,55% selanjutnya diikuti Pergudangan 11,92 % dan Sektor Pengolahan 10,48% serta berbagi sektor lainnya di bawah 10% seperti Kontruksi, Jasa dan industri. 

"Ini jelas menunjukkan bahwa pembangunan Padangpariaman berada di rel atau track yang benar," ungkapnya mengakhiri. (eri) 


×
Berita Terbaru Update