Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sandiaga Uno : Semangat Memajukan Ekonomi Kreatif Daerah

Selasa, 09 Juli 2024 | 07:00 WIB Last Updated 2024-07-09T00:00:13Z

 

Menri Sadaga Uno Saat Acara bersama Kapolres dan Kais Pariwasaa Padangpariaman



PADANGPARIAMAN  ---  Dalam rangka pengembangan kabupaten kota kreatif  (Kata Kreatif) Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia melalui Kedeputian Bidang Pengembangan Destinasi dan Insfrastruktur menyelenggarakan program Kelana Nusantara yang bertempat di Padangpariaman dengan teman semangat kolaborasi memajukan ekonomi kreatif Padangpariaman.




Bertempat di Café tapi Rimbo Anai Land, pada kesempatan tersebut Menparekraf Sandiaga Uno berbaur langsung dan melakukan diskusi yang hangat dengan pelaku ekonomi kreatif Padangpariaman pada kemarin. Turut hadir pada acara tersebut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, Kapolres Padangpariaman dan Dandim 0308 Pariaman, Asisten II Setdakab Padangpariaman mewakili Bupati Padangpariaman dan Kadiparpora Padangpariaman.
 
Ditetapkannya Kabupaten Padangpariaman sebagai tempat pelaksanaan Kelana Nusantara tidak terlepas dari rangkaian pembinaan dari Kementeria Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dimana Kabupaten Padangpariaman menjadi salah satu kabupaten yang dibina melalui pelaksanaan Penilaian Mandiri Kabupaten Kota Kreatif Indonesia (PMK3I).


"Kabupaten Padangpariaman telah melalui proses penilaian mandiri kabupaten kota kreatif Indonesia dengan produk-produk unggulan pada subsector kuliner, kriya dan seni pertunjukan. Selain itu, kabupaten ini telah banyak meraih prestasi seperti Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2022 dan Tahun 2023. Terakhir saya ke desa wisata Nyarai,” kata Sandiaga Uno, kemarin.


Sandiaga Uno juga mengharapkan terus melakukan pengembangan desa wisata. “Mudah2an desa wisata di Padang Pariaman menjadi salah satu desa wisata yang mampu Go International,” tambah Menparekraf.


 
Acara Kelana Nusantara sendiri juga menberikan pelatihan bagi pelaku ekraf Padang Pariaman. Turut menjadi narasumber pada acara tersebut Menparekraf Sandiaga Uno, Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Oneng Setya Harini, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Padang Pariaman Muhammad Fadhly dan pelaku ekraf Padang Pariaman Quratul Ayyuni. Pelatihan memberikan motivasi bagi pelaku ekraf Padang Pariaman untuk terus berkembang dan naik kelas seperti yang telah dilakukan oleh Yuni pemilik brand Arfams Durian yang membangun usaha kuliner duriannya dari nol.



 
Pada audiensi Kelana Nusantara kali ini, Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan perlunya melakukan inovasi, kolaborasi dan adaptasi dalam mengembangkan ekonomi kreatif. Selain itu, era digital saat ini melakukan bergerak dengan cepat (Gercep), bergerak bersama-sama (Geber) dan menggali potensi dengan pemasaran online (Gaspol).


 
Menparekraf juga mengapresiasi produk kriya “wooden art” dari kecamatan Lubuk Alung dan memberikan apresiasi terhadap produk kriya yang telah berkualitas dengan memberikan alternatif promosi dan pemasaran secara online serta mempromosikan melalui gerai-gerai.



 
Kelana Nusantara menyerap aspirasi dari para pelaku ekonomi kratif. Sandiaga Uno menerima aspirasi dari pelaku-pelaku ekraf Padangpariaman. Beberapa pelaku menanyakan tentang bagaimana upaya menjadi pelaku ekraf yang Go International dan tentang akses permodalan.



Yuni, salah satu pelaku ekraf Padangpariaman yang telah berkembang pada usaha kuliner dengan berbagai varian produk durian dengan merk Arfams Durian, menanyakan tentang mimpinya yang ingin bisa mengekspor usaha duriannya. Menparekraf Sandiaga Uno sangat mengapresiasi semangat pelaku ekraf PadangPariaman ini.


"Durian di kecamatan 2 X 11 Kayu Tanam Padang Pariaman ini sangat enak. Tapi sebelumnya perlu menentukan durian unggulan disini dan kelebihannya di daerah lain dan bahkan luar negeri, mereka melakukan riset pengembangan durian unggulannya terlebih dahulu. Mereka kuat disitu,” jelas Sandiaga Uno.



Pada kesempatan tersebut, Menparekraf menyambangi pameran pelaku ekraf Padangpariaman dan mengakhiri kunjungan dengan menikmati buah durian asli dari daerah setempat. Sebagaimana diketahui, Kecamatan 2 X 11 Kayu Tanam menjadi kampung ekonomi kreatif durian karena merupakan sentra perkebunan durian di Padangpariaman. (Fadhly ) 





×
Berita Terbaru Update